PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG

PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG

PERMINTAAN DAN PENAWARAN UANG

PERMINTAAN UANG
Permintaan uang adalah istilah yang digunakan oleh para ekonom untuk menerangkan mengapa individu dan perusahaan memegang uang (mengapa bukan mempertahankan aset yang lain). Ada dua alasan untuk itu.
– Transaction demand

(kebutuhan untuk melakukan transaksi), yang menunjukkan bahwa orang perlu uang untuk membeli sesuatu.
– Asset demand (kebutuhan untuk berjaga-jaga), yang menunjukkan keinginan untuk memiliki harta/aset yang sangat lancar dan bebas resiko.
Dengan kata lain, permintaan uang adalah jumlah unit moneter (berupa uang kartal maupun uang giral) yang ingin dipegang sebagai harta tunai (yang mudah untuk dibelanjakan segera).
Permintaan uang berbeda dengan permintaan barang. Mengapa? Uang dipegang karena bermanfaat secara tidak langsung. Uang akan bermanfaat setelah ditukar dengan barang atau jasa.

Permintaan uang dipengaruhi oleh 3 hal. Ketiga hal ini pada prinsipnya sejalan dengan teori pendapatan yang dikemukakan oleh J.M. Keynes.
 Kebutuhan Bertransaksi (Transction Demand)
Terkait dengan fungsi uang sebagai alat tukar. Kita menggunakan uang untuk membeli barang dan jasa atau untuk membayar tagihan. Jika pendapatan naik, nilai darang yang kita beli akan naik sehingga kita membutuhkan lebih banyak uang untuk bertransaksi.

 Kebutuhan Berjaga-Jaga(Precautionary Demand)
Kebutuhan ini dipengaruhi oleh biaya menyimpan uang (Precautionary demand/cost of holding money), yang ditentukan oleh tingkat bunga. Dalam hal ini fungsi uang adalah sebagai penyimpan nilai kekayaan/aset. Dengan kata lain orang akan lebih senang menyimpan uangnya pada saat tingkat suku bunga lebih tinggi daripada tingkat keuntungan bila digunakan untuk kegiatan usaha.

Sumber : https://downloadapk.co.id/