Lima Sekolah Indonesia Luar Negeri Selenggarakan UN Berbasis Komputer

Lima Sekolah Indonesia Luar Negeri Selenggarakan UN Berbasis Komputer

Lima Sekolah Indonesia Luar Negeri Selenggarakan UN Berbasis Komputer

Ujian Nasional (UN) juga diselenggarakan di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN),

baik untuk jenjang SMA/sederajat maupun SMP/sederajat. Ada 14 Sekolah Indonesia Luar Negeri yang tersebar di 12 negara. Dari 14 SILN tersebut, lima di antaranya menyenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan sisanya melaksanakan UN berbasis pensil dan kertas.

Kelima SILN penyelenggara UNBK tersebut adalah Sekolah Indonesia Singapura, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Sekolah Indonesia Jeddah, Sekolah Indonesia Den Haag, dan Sekolah Indonesia Moskow. Sedangkan sembilan SILN yang menyelenggarakan UN berbasis pensil dan kertas adalah Sekolah Indonesia Kairo (Mesir), Sekolah Indonesia Riyadh (Saudi Arabia), Sekolah Indonesia Islamabad (Pakistan), Sekolah Indonesia Yangoon (Myanmar), Sekolah Indonesia Bangkok (Thailand), Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (Malaysia), Sekolah Indonesia Tokyo (Jepang), Sekolah Indonesia Damaskus (Syria), dan Sekolah Indonesia Davao (Filipina).

 

Di Sekolah Indonesia Moskow, hanya terdapat dua peserta untuk UN SMA/sederajat.

Namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Sekolah Indonesia Moskow tetap memberikan layanan pendidikan dengan memfasilitasi kedua siswa tersebut mengikuti ujian nasional. Jumlah peserta yang sedikit juga terdapat pada SMP di Sekolah Indonesia Moskow, yaitu hanya empat orang.

Komitmen Kemendikbud untuk memberikan layanan fasilitasi ujian nasional di SILN bertujuan untuk memberikan hak yang sama dalam bidang pendidikan ke semua warganya di manapun mereka berada. “Negara hadir di manapun warganya berada,” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Nizam, di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

 

Selain UNBK dan ujian nasional berbasis pensil dan kertas di 12 negara, Kemendikbud

juga menyelenggarakan UN Pendidikan Kesetaraan (UNPK) di empat negara. UNPK tersebut diselenggarakan di Singapura, Malaysia (Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, dan Kuching), Hongkong (Hongkong dan Makau), dan Saudi Arabia (Riyadh).

 

Sumber :

https://www.dosenmatematika.co.id/