ISBI Siap Meriahkan Peringatan Dies Natalis 51 tahun

ISBI Siap Meriahkan Peringatan Dies Natalis 51 tahun

ISBI Siap Meriahkan Peringatan Dies Natalis 51 tahun

Memasuki usia 51 tahun, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung berupaya terus meningkatkan kreatifitas dan sinergitas dengan masyarakat. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat pada Dies natalis kali ini yaitu Sinergitas dan Kreativitas ISBI Bandung Bagi Masyarakat.

Rektor ISBI Bandung, Een Herdiani mengaku, kolaborasi dan pelibatan masyarakat

akan jadi hal pembeda dalam peringatan Dies natalis ISBI kali ini.

”ISBI berupaya untuk semakin terbuka dan berharap kehadirannya bisa dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu lah diperingatan ini kami melakukan kegiatan sosial berupa sunatan masal,” ucap Een, dalam Konferensi Pers terkait rangka Dies Natalis ISBI Bandung, di Loby Gedung Sunan Ambu ISBI, Selasa (1/10).

Dia mengatakan, dalam kegiatan kali ini, pihaknya banyak melibatkan masyarakat. Dimana kegiatan diisi berbagai lomba seperti lomba menggambar di sekolah-sekolah yang dekat dengan ISBI. Selain itu, masyarakat juga bisa bebas meningkatmati karya-karya mahasiswa ISBI,” katanya.

Dalam peringatan Dies Natalis ini juga, pihaknya mengadakan beragam agenda

dengan masyarakat, seperti menggelar bakti sosial.

”Kita juga bekerjasama dengan PMI kota Bandung untuk menggelar donor darah, dan juga bekerjasama dengan Puskesmas Cijagra dalam upaya sosialisasi bahaya tembakau,” paparnya.

Dia menjelaskan, sejauh ini ISBI sebagai salah satu kampus seni berkontribusi dalam peningkatan kualitas dan pelestarian kesenian dan budaya di Jawa Barat. Tak hanya itu ISBI juga telah melakukan kerjasama dengan memberikan pembinaan kepada beberapa SMK seni di Jabar.

”Yang kita bina ada SMKN 10 Bandung, SMK Seni di Cirebon, Majalengka, Subang, dan Tasikmalaya. Sekolah-sekolah ini sebagai embrio dalam peningkatan kualitas seni. Jadi kami melakukan upaya kerjasama sehingga bisa lebih meningkatkan kualitas sekola tersebut,” jelasnya.

Selain sekolah seni, ISBI juga melakukan kerjasama dengan beberapa kabupaten

dalam proses promosi dan peningkatan kesenian lokal. Beberapa daerah yang sudah terlibat kerjasama diantaranya Cianjur, KBB, Cimahi, Bogor, Bandung, Dki Jakarta, Banten dan Luar Negeri.

”Kebetulan bertepatan dengan Dies natalis kali ini kami melakukan MoU dengan Kabupaten Bandung untuk menjalin Kerjasama dalam peningkatan dan pelestarian budaya lokal. Salah satunya melakukan pengkajian terkait keseniannya,” terangnya.

 

Baca Juga :