Dikpora Gelar Semiloka Bimtek Ekstrakurikuler Olah Raga SD

Dikpora Gelar Semiloka Bimtek Ekstrakurikuler Olah Raga SD

Dikpora Gelar Semiloka Bimtek Ekstrakurikuler Olah Raga SD

Sistim Keolahragaan Nasional meliputi 3 pilar pembinaan yaitu olah raga pendidikan

, olah raga rekreasi dan olah raga prestasi, karena konsep pembinaan klub olah raga ditingkat Sekolah Dasar (SD) merupakan kelanjutan dari program pendidikan jasmani dengan mencakup semua siswa yang mempunyai minat dan bakat pada salah satu cabang olah raga.

Drs. Semmy Risambessy, MM

Hal ini disampaikan Kadis Dikpora Provinsi Maluku Drs.Semmy Risambessy,

MM ketika membuka Bimtek Ekstrakurikuler Olah Raga SD di-Hotel Golden Palace Rabu (2/7/2014).

Dikatakan, pendidikan adalah wujud suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahklak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya serta untuk masyarakat Bangsa dan Negara.

Karenanya melalui pembentukan klub olah raga SD, diharapkan mampu

dijadikan wadah bagi siswa yang memiliki minat dan bakat olah raga tertentu untuk meningkatkan kemampuan olah raganya secara terencana, terprogram, terukur dan berkesinambungan.

Proses pembinaan olah raga yang selama ini pada umumnya masih menempuh jalan pintas dan belum mengikuti piramide pembinaan, sehingga belum mencerminkan hasil yang konsisten.

Menurutnya, diakhir pelaksanaan Bimtek Ekstrakurikuler ini, akan dilakukan penandatangan MoU Bansos bagi klub-klub olah raga ditingkat SD yang memenuhi persyaratan dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler dibidang olah raga.

Diharapkan 77 peserta yang berasal dari 11 kabupaten/kota di Maluku dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiataan Bimtek ini sebagai bagian dari tanggung jawab bersama untuk meningkatan kualitas pendidikan di Maluku.

Sementara itu Ketua Panitia Drs. Dahlan Soulissa, M.Si melaporkan tujuan Semiloka Bimtek ini yakni “dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap mental tim para pembina kabupaten/kota guna melaksanakan tugas dan fungsinya guna pengembangan sistim bimtek ektrakurikuler olah raga SD, sehngga tersedia tim pembina kegiatan ekstrakurikuler Olah Raga ditingkat SD.

Peserta yang mengikuti kegiatan Semiloka Bimtek, 77 orang berasal dari 11 kabupaten/kota, dengan narasumber dan fasilitator dari pusat dan daerah, dimana seluruh kegiatan ini dibebankan pada dana Dekon untuk kepastian layanan pendidikan SD.(TM04)

 

Baca Juga :