Cara Merawat dan Membersihkan Cincin Berlian

Cara Merawat dan Membersihkan Cincin Berlian

Cara Merawat dan Membersihkan Cincin Berlian

Beberapa model rangka cincin memang sulit untuk dibersihkan sehingga bukan tidak mungkin saat Anda ingin membersihkannya malah merusak cincin tersebut. Nah, berikut tips membersihkan cincin berlian tanpa merusaknya.

Siapa yang tak menyukai cincin berlian? Hampir semua wanita menyukai benda berkilau yang melingkar di jarinya ini. Namun, bagaimana jika kotor dan Anda ingin membersihkannya? Hati-hati, jika Anda tak mengetahui cara membersihkan dengan benar malah bisa merusaknya.

Berlian bukanlah batu yang mudah rusak ataupun retak. Bahkan berlian merupakan substansi yang paling keras yang ada di bumi ini. Walaupun begitu, bukan berarti berlian tidak dapat rusak dan kehilangan kilau indah yang mereka miliki. Ada beberapa zat yang dapat merusak berlian, misalnya saja parfum ataupun zat berbahaya lainnya yang kontak langsung dapat membuat berlian kehilangan kilaunya. Jadi, ada baiknya untuk menghindari berlian terkena kontak langsung dengan zat lainnya yang dapat memudarkan kilaunya.

Cara  Membersihkan Berlian di Rumah

Membawa perhiasan ke toko perhiasan professional untuk dibersihkan bukanlah hal yang berlebihan. Justru Anda perlu membawa berlian ke toko profesional paling tidak dua kali dalam setahun. Selain membersihkannya, Anda pun perlu mengecek rangka cincin berlian yang Anda miliki. Apakah garpu  penyangga berlian longgar atau patah, sehingga bisa lebih cepat untuk diperbaiki. Lalu bagaimana jika Anda ingin membersihkannya di rumah? Ini cara membersihkan cincin berlian yang aman.

  • Campurkan ammonia dan air dengan perbandingan 1:6
  • Rendam cincin berlian Anda pada campuran air dan ammonia tersebut selama 10 – 20 menit
  • Setelah direndam selama 10 – 20 menit, angkat cincin berlian lalu sikat dengan sikat gigi lembut secara menyeluruh untuk membersihkan kotoran pada cincin. Lakukan secara perlahan sehingga tidak akan membuat goresan pada rangka cincin yang terbuat dari platinum, emas, ataupun perak.
  • Setelah disikat secara menyeluruh, bilas dan keringkan cincin dengan kain bebas serat berbahan lembut. Ingat, jangan membilas pada wastafel dengan lubang pembuangan yang terbuka, karena bisa membuat cincin tergelincir dan  hilang.

Hindari Hal Ini Saat Membersihan Perhiasan

Menurut Gemological Institute of America (GIA), Anda pun harus menghindari pembersih ultrasonik untuk membersihkan cincin berlian, karena perangkat tersebut dapat membuat batu berlian longgar hingga copot dari rangka cincin.  Anda pun harus melepaskan cincin berlian saat akan menggunakan riasa wajah dan krim perawatan lainnya. karena hal tersebut dapat menghilangkan kilau pada berlian. Namun, jika Anda ingin menggunakan pembersih ultrasonik ini, disarankan untuk menggunakannya tidak terlalu lama. Sehingga tidak membuat batu berlian longgar.

Yang Tidak Boleh Digunakan Saat Menggunakan Perhiasan

Membersihkan berlian merupakan salah satu hal penting untuk membuat berlian tetap berkilau indah. Namun, hal yang lebih penting adalah membuat cincin berlian tersebut tetap aman dan tidak merusaknya. Hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat cincin berlian aman adalah dengan tidak menggunakan cincin pada saat Anda melakukan beberapa kegiatan berbahaya. Misalnya saja seperti bekerja yang berhubungan dengan bahan-bahan kimia, krim, ataupun minyak.

Tak hanya itu, melakukan kegiatan rumah tangga pun dapat membuat cincin rusak ataupun batu berlian hilang. Contohnya saja, pembersih yang biasa Anda gunakan di rumah seperti cairan pemutih klorin untuk pakaian ataupun cairan untuk membersihkan lantai sangat berbahaya bagi cincin berlian Anda.

Intinya, membersihkan cincin berlian tidak harus memakan waktu yang lama ataupun dengan sesuatu yang berbahaya. Anda padat membersihkannya dengan beberapa bahan yang dapat dengan mudah Anda temukan di rumah ataupun pergi ke toko perhiasan professional untuk membersihkannya. Dengan begitu cincin berlian Anda akan tetap berkilau dengan indah saat Anda kenakan.


Baca Artikel Lainnya: