Berikan Pendidikan Gratis Lewat Sepeda Motor

Berikan Pendidikan Gratis Lewat Sepeda Motor

Berikan Pendidikan Gratis Lewat Sepeda Motor

Berbagai cara dilakukan setiap orang untuk memenuhi pendidikan masyarakat.

Seperti yang dilakukan Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sempurna Kota Bogor, HR Abu Kusnohadi. Hanya dengan bermodalkan sepeda motor, HR Abu memberikan peluang bagi pemenuhan hak warga negara mendapatkan pelayanan pendidikan.

Meski usianya sudah lanjut, HR Abu terus berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Itu dilakukannya untuk mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ‘Jujur’ miliknya.

“Perpustakaan keliling ini untuk membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

 

Sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya.

Selain mengelola PKBM, perpustakaan keliling itu merupakan alternatif pelayanan pendidikan.

Bahkan, baginya istilah pendidikan tidak hanya terbatas pada sistem bagian pendidikan formal

dan sistem bagian pendidikan non-formal, tetapi harus melebar sampai kepada sistem bagian pendidikan in-formal. “Karena pendidikan in-formal tak lain sebagai suatu sistem bagian yang meliputi segala macam penyelenggaraan aktivitas melembaga. Fungsi pendidikannya berlangsung wajar dan lebih terlihat sebagai pengalaman belajar individual, mandiri dan sudah tentu tidak memiliki kredensials,” ucap dia.

Ia berharap, melalui perpusatakaan keliling yang memiliki berbagai judul buku ini, dapat menjadi sebuah wadah kegiatan belajar dalam mendukung peningkatan kemampuan aksarawan baru dalam pembrantasan buta aksara. “Harapannya bisa mendukung peningkatan kemampuan aksarawan baru sehingga tidak menjadi buta aksara kembali,” ungkapnya.

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/