Agustus, Akreditasi SDIT Darul Mazza

Agustus, Akreditasi SDIT Darul Mazza

Agustus, Akreditasi SDIT Darul Mazza

Untuk pertama kalinya SDIT Darul Mazza akan melakukan akreditasi pada bulan Agustus mendatang. Akreditasi menjadi salah satu penilaian penting bagi sekolah. Berdasarkan UU nomor 22 tahun 1961. Di Indonesia , akreditasi diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayan. Hasilnya berupa tiga tingkatan status, yaitu terdaftar, diakui, dan disamakan.

Wakil kepala sekolah bidang Kurikulum SDIT Darul Mazza

, Agustuni mengatakan sekolah harus di akreditasi agar diakui oleh pemerintah sehingga mendapatkan sertifikat resmi yang memiliki standar. Selain itu akreditasi dilakukan agar mengetahui sejauh mana mutu pendidikan di sekolah kami.

“Kalau tidak di akreditasi hak sekolah akan dicabut.  Terlebih lagi untuk menentukan kelayakan program pendidikan pada jalur  formal dan non-formal. Lalu sebagai bentuk akuntabilitas publik  yang dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan, maka sangatlah perlu akreditasi itu,” katanya .

Wanita yang kerap dipanggil bunda Agustini ini menambahkan

,  akreditasi dipilih oleh BAN SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah).Kemudian kita melakukan SISPENA (Sistem Penilaian Akreditasi)  dengan mengikuti instrumen yang ada dan dikirim kepusat.

“Untuk penilaian akreditasi menggunakan skorsing dari  119 pertanyaan dan 8 standar. Diantaranya ada isi, proses, kelulusan, sarana dan prasarana, tenaga pendidikan, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian. Lalu untu Grade A biasanya dilakukan pat tahun sekali dan Grade B atau C dilakukan dua tahun sekali untuk akreditasi, ” lanjutnya

Akreditasi ini adalah ukuran sejauh mana setiap guru merasa punya loyalitas

pada sekolah tempat ia mengajar. Karena dalam prosesnya gurulah yang mempersiapkan segalanya. Akreditasi yang sukses dalam prosesnya tentu akan berdampak yang baik pada hasilnya

 

Sumber :

https://ruangseni.com/